Rabu, 10 Oktober 2018

Kursus ACLS | 0878-8969-9789 | Materi Kursus ACLS

Pengalaman mengikuti Kursus ACLS


Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika mengikuti kursus ACLS.

Perlu kalian ketahui, ACLS (Advanced cardio life support) ialah kursus yang Cuma diperuntukan bagi para dokter, untuk Paramedis (perawat/bidan) namannya BCLS (Basic cardio life support)

Saya berasal dari Jombang, dan ingin mengikuti kursus ACLS di Jakarta. Sebelumnya saya merupakan lulusan dari Universitas Jenderal Soedirman di kota Purwokerto.

Saya mendapatkan Info seputar kursus ACLS dari postingan instagram Biaya nya saat itu Rp 2.750.000. Biaya tersebut meliputi kursus, makan siang dan snack selama 3 hari, face mask untuk ventilasi, 2 buah modul dan 1 buah ransel.

Setelah pelaksanaan pendaftaran yang dilakukan melalui Whatsapp, saya diminta untuk melakukan pembayaran, dan bukti pembayaran dikirimkan melalui Whatsapp. Sekitar selang 2 hari setelah melaksanakan pembayaran saya sudah dikirimi 2 buah modul, peta lokasi, peraturan tata tertib, brosur, dan lainnya. Modul sengaja dikirimkan jauh-jauh hari sebelum kursus supaya peserta dapat mempelajarinya sebab di hari pertama akan ada pre test.

Setelah membaca kedua modul tersebut, alhasil saya berangkat juga dari Jombang ke Jakarta. Saya di antar sampai terminal Bus oleh kakak saya. Jarak tempuh dari Jombang ke Jakarta sekitar 14 jam. Sesampainya di terminal rambutan saya langsung memesan taksi online untuk mencari kost an yang dekat dengan tempat kursus, setelah menunggu lama akhirnya taksi online pun datang. Saya pun segera memasuki taksi online tersebut. Setelah mendapat kost an saya mengeluarkan barang-barang yang ada di taksi. Setelah mengeluarkan barang-barang saya langsung memasukan barang-barang nya ke dalam kost an.Setelah memasukan barang-barang, saya mencari alamat PERKI House, supaya nanti di hari pertama kursus sudah tau alamatnya.

Materi

Materi yang akan diberikan saat pelatihan meliputi sebagai berikut :

Filosofi BLS , ACLS + Film; BHD Dewasa , AED , RJP Anak dan Bayi , Choking Dewasa, Anak dan Bayi; Praktek dan Ujian BHD Dewasa, AED, RJP Anak dan Bayi, Choking Dewasa, Anak dan Bayi; Post Test BCLS; Pre Test ACLS; Defribilasi; Perawatan Pasca Henti Jantung; Tata Laksana Jalan Nafas; Skill Station : Teori / Praktek EKG, Teori / Praktek Defribilasi, Teori / Praktek Airway Management; Hipotensi , Shock dan Edema Paru Akut; Sindrom Koroner Akut; Farmakologi dan Therapi; Skill Station :Teori / Praktek VT / VF — PEA — Asistole, Teori / PraktekTakikardi, Teori / Praktek Bradikardi; Skill Station : Kasus Komprehensif (MEGACODE); Ujian Postest; Ujian Praktek RJP berkelompok sebanyak 6 kelompok.

Hari 1

Dihari pertama kami di jelaskan seputar peratutan tata tertib yang tidak boleh dilanggar selama kursus. Seperti bila terlambat datang lebih dari jam 7 pagi dianggap mengundurkan diri. Jam 07:15 -07:30 kami melaksanakan pendaftaran, Jam 07:30–13:45 kami melaksanakan kegiatan kursus. Jam 11:45–13:00 kami alhasil ISHOMA ,lalu kami melanjutkan kegiatan dari jam 13:00 dan selesai jam 17:45.

Hari 2

Dihari kedua kami melaksanakan kursus dari jam 07:30–12:00. Jam 11:00–13:00 ISHOMA, lalu kami melanjutkan kegiatan dari jam 13:00 dan selesainya jam 18:00

Hari 3

Dihari kedua kami melaksanakan kegiatan kursus dari jam 07:30–12:00. Jam 12:00–13:00 ISHOMA, Lalu kami melanjutkan kegiatan dari jam 13:00 dan selesainya jam 16:00

Syukur Alhamdulilah saya dapat melewati ujian megacode dengan lancar. Sesudah seluruh kelompok selesai ujian, kami disuruh menunggu sebagian. Tak lama setelah itu, alhasil dokter penanggungjawab masuk keruangan dan di meja beliau telah tertumpuk map amplop yang di dalamnya akan ada keterangan apakah kami lulus kursus atau tidak. Kami bahkan dipanggil satu-persatu berdasarkan absen. Tibalah saya mengambil map amplop tersebut, setelah saya buka, ternyata di dalamnya ada sebuah pin dan sertifikat ACLS, alhamdulilah saya lulus ujian. Namun ternyata tidak semua peserta kursus lulus ujian dalam kursus kali ini, saya tak tau pasti berapa jumlah yang tidak lulus, tetapi dari raut wajah yang nampak. Setelah pembagian amplop, banyak yang bersedih sebab tidak lulus, yang jelas kelompok ujian saya lulus semua.

Ok seperti itulah pengalaman saya dikala sedang mengikuti kursus ACLS di perki Jakarta. Apabila kalian berkeinginan ikut serta kursus ACLS bisa menghubungi Contact Person ini 0878–8969–9789 atau bisa klik di bawah ini
Semoga artikel ini bisa membantu kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar